Bantuan Pencarian

Rabu, 22 Desember 2010

Ayo Nikmati Lagi Eksotisme Kaliurang

SLEMAN (KRjogja.com) - Pasca terjadinya erupsi Merapi beberapa waktu lalu, salah satu wisata andalan Kabupaten Sleman, yakni Kaliurang, sempat mati suri. Untuk itu, sejumlah program pemulihan (recovery) terus dilakukan untuk kebangkitan Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Drs Untoro Budiharjo, mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan Sepekan Recovery Kaliurang 2010.

"Sebelumnya kami juga sudah menggelar berbagai kegiatan untuk mendorong perkenomian di wilayah Kaliurang. Kami harap, Sepekan Recovery Kaliurang ini mampu mendongkrak pariwisata disana," ungkapnya dalam jumpa pers di Ruang Humas Pemkab Sleman, Rabu (22/12).

Pelaku pariwisata Kaliurang yang juga Ketua Panitia Sleman Bangkit, Heribertus Indiantara menambahkan, program Sepekan Recovery Kaliurang ini lebih dimaksudkan untuk mencitrakan Kaliurang yang sudah aman dan nyaman. Bahkan, kawanan monyet yang sempat menghilang kini mulai berkeliaran di sejumlah titik di Kaliurang. "Kalau image sudah aman, maka para pengunjung akan nyaman dan tenang," imbuhnya.

Untuk penginapan di wilayah Kaliurang sendiri, juga sudah siap menerima tamu. Khusus pada libur Natal dan Tahun Baru besok, harga penginapan juga tidak akan mengalami kenaikan. "Intinya, kami persilahkan warga untuk berkunjung ke Kaliurang. Buktikan bahwa Kaliurang sangat aman," tandas Heri.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyatakan bahwa masyarakat bisa menyaksikan eksotisme pemandangan dari Bukit Pronojiwo yang ada di kompleks Kaliurang.

"Dari atas bukit tersebut, pemandangan lava tour dari Dusun Petung hingga Bronggang bisa terlihat sangat jelas. Rencananya, kami juga akan memajang tulisan 'Kaliurang' dalam ukuran besar di Bukit Pronojiwo ini. Ini akan menambah daya tarik tersendiri," terang Heri.

Prorgram Sepekan Recovery Kaliurang ini akan dimulai pada 25 Desember 2010 hingga 2 Januari 2011. Diantaranya pameran foto Merapi Eruption di Museum Gunung Merapi (25/12), berbagai agenda budaya di simpang tiga atau patung udang (25/12), serta Pentas Dayakan di Tlogo Putri (2/1) serta berbagai agenda lainnya. (Dhi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun sangat diterima